Sebelum Berangkat ke Luar Negeri, Ketahui 4 Informasi Penting Berikut!

Indonesia Satu Manajemen,
12 Januari 2022 - 21:39

Bekerja di luar negeri adalah pengalaman luar biasa yang akan memberikan Anda perspektif luas tentang dunia. Juga mengajarkan untuk beradaptasi dengan situasi baru dan memberikan pengalaman yang belum ditemui sebelumnya.

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk berangkat, lakukan riset dan ikuti saran dari konsultan atau orang-orang yang telah berpengalaman. Sebagai referensi, berikut ini merupakan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum berangkat.

  • Cari informasi secara langsung

Melakukan riset melalui situs resmi dan orang yang berpengalaman diperlukan untuk memberikan gambaran tentang negara serta pekerjaan tujuan. Akan lebih baik bila diiringi dengan mencari informasi secara langsung di lokasi yang akan dituju, baik dari segi lingkungan, budaya, hingga perusahaan.

  • Tujuan adalah kunci sukses

Ketika sudah berada di negara tujuan, Anda bersiap untuk bekerja. Seiring dengan bertambahnya waktu, semuanya berjalan mengikuti arus. Tentu saja mendapatkan pengalaman, tetapi tidak tahu persis apa yang sebenarnya diinginkan.

Goal sangatlah penting saat memutuskan bekerja di negara lain. Misalnya saja, ingin memperluas jaringan internasional, mendapatkan banyak ilmu untuk kemudian diaplikasikan di negara sendiri, meningkatkan keterampilan, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian nanti akan menentukan segala langkah dan memiliki jalan yang pasti, sehingga apa yang didapat lebih berguna.

  • Beda negara, beda budaya

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda, terlebih bila itu tentang Barat dan Timur. Anda akan bertemu dengan beraneka ragam kebiasaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau bahkan terasa aneh.

Untuk menghindari culture shock, lakukan riset terkait negara tujuan yang meliputi keadaan geografi, iklim, kebiasaan masyarakat, budaya di lingkungan kerja. Terlebih perbedaan waktu terakdang juga bisa menjadi kendala di awal. Maka persiapkan secara fisik juga, ya.

  • Siapkan surat rekomendasi

Beberapa perusahaan di luar negeri memberikan persyaratan kepada calon pekerjanya, yakni surat rekomendasi. Dokumen ini bisa berasal dari penilaian pimpinan di tempat kerja terdahulu guna mengetahui rekam jejak pencaker.

 

Ada banyak perbedaan antara negara asal dengan tujuan. Mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat merupakan keharusan untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Selamat mencari pekerjaan!  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp